Monday, May 5, 2014

Orang yang Paling Dibenci Allah

,
Terlalu ramai orang-orang Islam yang berdebat berkenaan dengan politik sampai menepikan perintah Allah. Akhirnya perdebatan itu membawa kepada permusuhan dan pemutusan silatulrahim....

Ketahuilah...


Telah diriwayatkan dari hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلىَ اللهِ اْلأَلَدُّ الْخَصِمُ

“Orang yang paling dibenci Allah adalah yang suka berdebat.”


Juga dari hadits Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu berkata:
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


مَا ضَلَّ قَوْمٌ بَعْدَ هُدًى كَانُوا عَلَيْهِ إِلاَّ أُوْتُوا الْجَدَلَ. ثُمَّ تَلاَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَذِهِ اْلآيَةَ:

“Tidaklah tersesat satu kaum setelah mendapatkan hidayah yang dahulu mereka di atas melainkan mereka diberi sifat berdebat.” Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:


مَا ضَرَبُوْهُ لَكَ إِلاَّ جَدَلاً بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُوْنَ

“Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja sebenar mereka adalah kaum yang suka bertengkar.” (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah dihasankan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 5633)

Abdurrahman bin Abiz Zinad berkata: “Kami mendapati orang-orang yang mulia dan ahli fiqih - dari orang2 pilihan manusia - sangat mencela para ahli debat dan yang mendahulukan akalnya. Dan mereka melarang kami bertemu dan duduk bersama orang-orang itu. Mereka juga memperingatkan kami dengan keras dari mendekati mereka.”
Demikian pula Al-Imam Ahmad rahimahullahu mengatakan: “Pokok-pokok ajaran As-Sunnah menurut kami adalah: berpegang teguh di atas metode para sahabat Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengikuti mereka dan meninggalkan bid’ah. Dan tiap bid’ah adalah sesat. Dan meninggalkan pertengkaran serta duduk bersama pengekor hawa nafsu juga meninggalkan dialog dan berdebat serta bertengkar dalam agama ini.”

Wahb bin Munabbih rahimahullahu berkata: “Tinggalkan perdebatan dari perkaramu. Karena sesungguh engkau tidak akan terlepas dari menghadapi salah satu dari dua orang:
(1) orang yg lebih berilmu darimu lalu bagaimana mungkin engkau berdebat dengan orang yang lebih berilmu darimu?
(2) orang yg engkau lebih berilmu dari mereka lalu bagaimana mungkin engkau mendebat orang yang engkau lebih berilmu dari mereka lalu dia tidak mengikutimu? Maka tinggalkanlah perdebatan tersebut!”


Namun di samping dalil-dalil yang melarang berdebat tersebut di atas juga terdapat nash-nash lain yg menunjukkan kebolehannya. Di antara yg menunjukkan boleh berdebat adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:


ادْعُ إِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

“Serulah kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguh Rabbmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

0 comments to “Orang yang Paling Dibenci Allah”

Post a Comment